Saturday 15 April 2017

DAFTAR ORANG TERKENAL YANG MEMILIKI POTENSI OTAK KANAN YANG KUAT



Tulisan tentang memaksimalkan potensi otak kanan yang saya posting pada 29 April 2010 yang lalu sepertinya masih relevan. Anda masih dapat membacanya di sini.

Menurut para ahli psikologi, orang yang dominan otak kanan cenderung mendasarkan tindakan mereka pada dorongan seketika. Pada umumnya mereka tidak mengikuti pola teratur dalam melakukan pekerjaan mereka. Mereka cenderung acak-acakan dan tidak menyukai keteraturan dan formalitas. Orang berotak kanan melihat gambaran besar secara keseluruhan daripada diam dalam rincian tugas atau situasi monoton. Karena itu orang berotak kanan cenderung berpikir subyektif, bukan obyektif. Mereka juga lebih mengandalkan intuisi mereka daripada logika. Keputusan mereka seringkali didasarkan pada apa yang mereka “rasa” daripada apa yang lebih rasional. Orang berotak kanan sama-sama nyaman dengan subyek, situasi, ide dan konsep yang tidak masuk akal, mereka nyaman dengan hal-hal yang bersifat abstrak. Mereka cenderung “percaya” dalam hal-hal tertentu daripada “tahu” segala sesuatu tentang hal itu. Karena itu, jangan sepelekan mereka karena kemampuan persepsi orang dengan otak kanan aktif dan sangat tajam! Mereka hampir bisa mencium situasi tanpa sengaja menyadari akan hal itu sebelumnya.

Berikut ini adalah sejumlah nama orang terkenal dan yang memiliki potensi otak kanan yang lebih kuat dibanding otak kiri mereka:

Para ilmuwan dan penemu: Albert Einstein, Thomas Alva Edison, Galileo Galilei, Louis Pasteur, Alexander Graham Bell
Para seniman lukis dan patung: Leonardo da Vinci, Pablo Picasso, Affandi
Para seniman film: Walt Disney, Steven Spielberg, Garin Nugroho
Para seniman musik: John Lennon, Wolfgang Amadeus Mozart, Ludwig van Beethoven
Para penulis dan pengarang buku: Mark Twain, Agatha Christie, Ernest Hemingway, Hans Christian Andersen,
Para politisi dan tokoh diplomasi: Sir Winston Churchill, Benjamin Franklin, Abraham Lincoln, Thomas Jefferson, John F. Kennedy, Ir Soekarno
Para pengusaha: Bill Gates, Warren Buffet, Steve Jobs, Purdhi Chandra, Chairul Tanjung
Para filsuf dan pemikir dunia: Socrates, Plato

Dalam hidup sehari-hari sebenarnya banyak kita jumpai orang-orang di sekeliling kita yang potensi otak kanannya jauh lebih kuat daripada potensi otak kirinya. Mereka rata-rata adalah orang-orang yang memiliki nyali kuat, tahan banting, kreatif, ulet dan berani. Tengoklah sejumlah orang muda yang sukses di kota Anda, atau para seniman yang menghasilkan karya-karya seperti lagu, komposisi, lukisan, patung dan lain-lain yang diterima masyarakat. Seharusnya potensi otak kanan dilatih dan dimaksimalkan sejak awal agar potensi itu dapat berguna bagi siapa pun.

Nah, bagi Anda orang-orang muda atau yang merasa masih dapat berkembang ke arah kesuksesan di bidang bisnis dan lainnya, atau Anda yang ingin memaksimalkan potensi otak kanan untuk dapat menjadi pengusaha sukses, silakan pelajari sejumlah tips di sini.

No comments: