Friday 26 September 2008

HEATHER ARMSTRONG - MEMBUAT MESIN UANG DENGAN CERITA PRIBADI


Heather Armstrong adalah pendiri situs Dooce, yang merupakan situs curhat bagi wanita modern. Ia adalah seorang ibu rumah tangga dengan 3 orang anak. Heather tumbuh besar di daerah pinggiran Memphis, Tennessee, Amerika. Ia lulus dari Bartlett High School tahun 1993 dan pernah bekerja sebagai web designer di Los Angeles. Ia dipecat dari pekerjaannya sebagai web designer karena waktu itu ia sudah merancang website-nya sendiri. Ia mau menanggung resiko dipecat demi impiannya. Lalu hidup sebagai pengangguran pemabuk hingga menikah dengan suaminya saat ini dan pindah ke Utah, AS. Heather juga pernah mengalami depresi sehingga ia dibawa ke rumah sakit jiwa.

Dengar bekal pengalaman sebagai web designer, ia mencoba membuat situs sendiri. Sejak Oktober 2005 situsnya memiliki pendapatan dari iklan-iklan yang terpasang. Situs Dooce yang dibuat Heather Armstrong kini mampu menarik 850.000 pembaca setiap harinya dan mendatangkan banyak pengiklan. Situsnya berisi liku-liku perjalanan hidupnya setiap hari. Kekuatan situs Dooce adalah pada kelugasannya, ke-apaadanyaan-nya. Ia menuliskan semuanya dengan lugas, jujur, sederhana dan apa adanya sehingga jutaan orang menyukai tulisan-tulisannya. Misalnya, tanpa malu-malu Heather mengaku pernah berkencan dengan sejumlah aktor dan bertemu sejumlah selebritis di Los Angeles. Ia pernah juga bekerja selama beberapa tahun untuk lembaga yang menangani masalah kecanduan narkoba. Karena sifat sederhana dan lugas itulah ia tidak memerlukan dewan direksi atau orang lain untuk menyunting tulisan-tulisannya. Ia mengerjakannya sendiri.

Cerita-cerita sederhana Heather tidak saja disukai para ibu rumah tangga dan wanita pada umumnya, tetapi juga sangat disukai perusahaan-perusahaan besar yang ingin memanfaatkan ketenaran situsnya untuk memasarkan produk-produknya melalui iklan yang dipasang. Ada JC Penney and Crate&Barrel yang menjual furniture dan menawarkan tip-tip dekorasi. Ada Walgreens yang menjual jasa percetakannya.

Tahun 2008 ini, menurut Federated Media, penghasilan Heather dari situs Dooce-nya meningkat tujuh kali lipat daripada pendapatannya di tahun 2006. Tidak mengherankan bahwa Heather cukup senang dan menikmati hidupnya bersama keluarganya. Bahkan suaminya bisa keluar dari pekerjaannya untuk kemudian lebih banyak tinggal di rumah membantunya.

(Diambil dari Koran Seputar Indonesia)

Yang dapat kita pelajari dari usaha Heather Armstrong:
1. Untuk yang ingin membuat situs atau blog, mulailah. Penghasilan dari iklan dalam situs atau blog yang dibuat dengan benar dan baik dapat diandalkan.
2. Kesempatan untuk mendapatkan penghasilan dari internet (khususnya dengan membuat situs sendiri) sangat terbuka lebar dan hampir tidak ada batasnya.
3. Mulailah melakukan sesuatu yang telah kita rencanakan. Jangan menunda.
Berbisnislah dengan sesuatu yang kita senangi. Sambil menjalankan usaha itu, kita akan belajar banyak hal yang baru dan yang akan melengkapi kekurangan kita.
4. Arah dari semua usaha kita adalah kebahagiaan keluarga dan bermanfaat bagi banyak orang.

No comments: