Wednesday 24 September 2008

CARA GILA JADI PENGUSAHA (Book Review)

Judul buku : Cara Gila Jadi Pengusaha-Virus Entrepreneur Jadi Pengusaha Sukses
Pengarang : Purdi E. Chandra
Penerbit : PT Elex Media Komputindo, Kelompok Kompas-Gramedia, Jakarta
Cetakan : September 2007
Jumlah hal. : 231

Buku ini terdiri dari sebuah Kata Pengantar dan 8 Bagian yang memuat 76 judul. Buku ini juga dilengkapi dengan DVD Video Seminar “Cara Gila Jadi Pengusaha” sebagai bonus.

Membaca buku ini dan menonton DVD-nya, Anda akan terserang sebuah virus yang cukup mematikan semangat loyo Anda. Seperti ditulis oleh Purdi E Chandra dalam Kata Pengantar, ia sedang menebar virus bernama Virus Entrepreneur. Virus ini cepat menular, membuat penderita bisa mengalami beberapa stadium bertahap, mulai dari demam, demam parah, bahkan kalau sudah akut bisa menjadi “gila”.

Ya… sudah sejak sekitar tahun 2002 Purdi E Chandra menyebarkan virus maut ini dan telah ribuan orang terserang. Anehnya, mereka yang terserang Virus Entrepreneur ini dan telah menjadi gila semuanya memiliki pola pikir baru dan berani mengambil langkah yang belum pernah dilakukan. Virus itu telah menyebabkan lahirnya para entrepreneur sukses alias pengusaha-pengusaha baru.

Purdi E Chandra mau mengatakan bahwa orang tidak cukup hanya mempunyai mimpi, namun orang harus dapat bertindak mewujudkan mimpi-mimpi itu. Kunci sukses baginya adalah melangkah dan terus melangkah dalam berbisnis dan bukan hanya mengangan-angankan langkah. Ia mencontohkan dirinya sendiri yang 25 tahun sebelumnya berani memutuskan keluar dari Perguruan Tinggi untuk memulai berbisnis bimbingan belajar di bawah Primagama Group yang dia dirikan. Kini bisnis Purdi E Chandra telah menjadi besar, tidak saja dilihat dari jumlah outlet Primagama yang telah mencapai lebih dari 600 buah, ia juga memiliki banyak bidang usaha yang lain.

Lewat pengalamannya dalam buku ini, Purdi E Chandra mengharapkan para pembaca untuk mendapatkan dan menerapkan pola pikir (mindset) baru tentang bagaimana mestinya memulai usaha: bukan memulai dengan uang, bakat, keturunan atau keahlian, apalagi pengalaman. Hanya ada satu modal untuk memulai usaha. Modal utamanya adalah berani mulai. Ibarat orang mau mandi, ia tidak perlu berpikir keras apakah nanti mandinya akan sukses. Kalau mau mandi, ya masuk saja ke kamar mandi dan terus mandi. Kalau di kamar mandi ternyata tidak ada handuk, kita toh masih bisa keluar dari kamar mandi untuk mencari handuknya.

Berani memulai, itulah intinya. Keberanian itu akan terjadi apabila orang mengubah mindset yang selama ini lebih mementingkan otak kiri daripada otak kanan. Otak kiri adalah otak yang rasional, yang terstruktur, yang terpola, yang terlalu banyak berpikir. Sedangkan otak kanan adalah otak yang tidak logis, yang selalu berpikir meloncat-loncat dan tidak terstruktur. Tetapi sudah menjadi kenyataan umum bahwa, walaupun otak kiri juga sangat penting, para pengusaha sukses adalah orang-orang yang lebih menggunakan otak kanan daripada otak kiri. Bahkan Purdi E Chandra mengatakan bahwa kalau Anda mau memulai usaha untuk menjadi pengusaha sukses, jangan berpikir… atau bisnisnya jangan terlalu dipikir. Ambil saja keputusan, mulailah… Orang-orang yang sukses adalah orang-orang yang berani mengambil keputusan, mengerjakan apa yang telah diputuskan dan berjuang di sana sampai ia menemukan apa yang diimpikannya.

Buku CARA GILA JADI PENGUSAHA ini wajib dibaca oleh mereka yang mau mengubah dirinya menjadi lebih kaya, lebih sukses, dan lebih berarti bagi keluarga dan orang lain. Ada banyak contoh dan penjelasan sederhana di dalam buku dan DVD ini sehingga Anda pasti akan mudah memahami gagasan-gagasan pengusaha sukses dari Indonesia ini. Buku dan DVD ini sangat cocok untuk Anda. Namun, sekali lagi, Anda harus waspada… Virus Entrepreneur dapat menyerang Anda…. Dan Anda akan menyesal… mengapa tidak membaca buku dan menonton DVD ini dari dulu.

(Thomas)

No comments: