Saturday 25 February 2017

PERBEDAAN ANTARA SIBUK DAN PRODUKTIF




Pengantar:
Saya menerima tulisan ini dalam salah satu grup Whatsapp yang saya ikuti. Terima kasih kepada Mas Julius Widiantoro yang memposting tulisan ini di grup. Semoga berguna bagi para pelaku bisnis, khususnya para distributor K-Link dalam jaringan Julius Deza Group dan bagi siapa pun yang tertarik menjalankan usaha Multi Level Marketing. Salam sukses. (Thomas)

TIGA PERBEDAAN “SIBUK” & “PRODUKTIF”

Kalau bertemu seseorang dan bertanya, “Apa kabar?” biasanya mereka menjawab, “Baik. Sibuk terus.”

Manusia modern selalu sibuk. Terlambat makan karena sibuk. Tidak ada waktu bermain dengan anak-anak gara-gara sibuk. Tidak ada waktu membaca buku karena sibuk.

Tetapi pertanyaan adalah apakah “SIBUK” sama dengan “PRODUKTIF”?

1. Apakah Ada Tujuannya? 
Apa pegangan Anda: jam atau kompas?
Orang “SIBUK” berpegangan pada jam, berapa lama ia telah bekerja dan selalu terburu-buru mengejar waktu. Sedangkan orang ”PRODUKTIF”memiliki kompas, alias petunjuk ke arah mana tujuannya, apa yang harus dicapai.

2. Apakah Ada Hasilnya?

Orang “SIBUK” terlihat bekerja keras, tetapi bila ditanya hasilnya, biasanya jauh di bawah apa yang diharapkan (hasil: target yang ditetapkan, jumlah penjualan, dll). Sedangkan orang yang “PRODUKTIF” memiliki daftar hal-hal yang harus dilakukan (to-do list). Mereka tahu membuat prioritas yang tepat, menetapkan standar, dan melakukannya.

3. Apakah Ada Waktu Berpikir?

Orang “SIBUK” tidak ada waktu untuk berhenti dan berpikir. Padahal produktivitas membutuhkan pemikiran yang kreatif dan strategis. Inilah kesalahan terbesar para pemimpin, kadang mereka terlalu sibuk mengerjakan berbagai macam hal dan kegiatan sehari-hari, sampai lupa untuk membuat rencana, berinovasi, dan bermimpi.  Tidak ada pertumbuhan dan hasil maksimal tanpa pemikiran. Sedangkan orang “PRODUKTIF” selalu berfikir dan membuat Perencanaan segala sesuatu yg akan dikerjakan.

"PRODUKTIVITAS tidak terjadi begitu saja. melainkan hasil dari KOMITMEN pada keunggulan, perencanaan yang cerdas, dan usaha yang TERFOKUS."

K-Link Solusi Hidupmu.

No comments: