Monday 15 January 2018

ADRYAN FITRA (BAGIAN III)


Saya mengambil tulisan ini dari majalah online swa.co.id. Artikel ini ditulis lengkap (tanpa dibagi dalam beberapa bagian) oleh Eddy Dwinanto Iskandar pada majalah online tersebut pada tanggal 12August 2016. Bila Anda ingin membaca secara lengkap, silakan klik link berikut ini:
swa.co.id/youngster-inc/entrepreneur-youngsterinc/adryan-fitra-doktor-fisika-di-balik-sukses-obama-dan-jokowi .

Untuk membaca bagian kedua, silakan klik Adryan Fitra(Bagian II)

Memang, Adryan Fitra kini berkembang menjadi pengusaha digital multisektor. Dari penyewaan vila, kos-kosan, mobil mewah sampai obat diet pelangsing digelutinya. Keunikannya, ia mengintegrasikan bisnisnya dari hulu sampai hilir. Singkatnya, ia tak mau hanya menjadi perantara seperti kebanyakan pemasar Internet lainnya. Namun, sekaligus memiliki asetnya. “Iya, benar-benar terjun langsung, online itu hanya 0,1% dari keseluruhan bagian yang saya kerjakan. Bahkan, obat diet itu kami buat produknya sendiri, ada pabriknya juga. Jadi, saya menggabungkan online dengan offline. Selain itu, saya percaya ke depannya bisnis digital akan seperti ini, makin spesialis dan harus terintegrasi,” paparnya.

Dia pun menyebutkan sejumlah domain bisnisnya seperti Pitoong.com, Villagarut.com, Mobiljakarta.co.id, Jogjahost, dan Cloud Media Biz. “Fokus bisnis saya adalah media sosial dan search engine optimization. Lainnya adalah pelengkap layanan standarnya. Saya ada hosting, domain, web design, aplikasi, media sosial. Banyak banget memang, di bawah 50-lah perkiraannya,” ungkapnya.

Adryan Fitra masih aktif membantu kampanye politik, dari pemilihan kepala daerah sampai tingkat nasional. Adryan, yang berperan sebagai ahli strategi dan penasihat, masih menggunakan pola yang sama: menggunakan ratusan ribu akun media sosial untuk mengampanyekan jagonya yang kemudian dijalankan oleh timnya. “Tiap akun media sosial bisa memiliki 800-1.000 teman, tiap hari mereka akan berbicara mengenai si kandidat tanpa membawa embel-embel sebagai buzzer. Tidak ada atribut partai atau si calon pada diri mereka, jadi murni hanya aktif berbicara mengenai calon kepala daerah. Saya percaya bahwa rekomendasi dari satu orang itu lebih efektif dibandingkan rekomendasi dari satu grup,” ujar Adryan, yang di sela-sela aktivitasnya, masih bisa meraih S-3 Fisika UI pada 2015.

Adryan Fitra menyarankan, anak muda yang hendak berkecimpung di dunia digital agar kreatif mencari jalan sendiri. Jangan mengikuti pola sukses yang sudah ada. “Harusnya anak muda melakukan berbagai inovasi dan adaptasi dengan kondisi sekarang, bukannya ikut kondisi masa lalu dan digunakan sekarang. Dan, harus jujur di bisnis online, itu yang penting.”

Akan dilanjutkan ke bagian 4 (terakhir).

No comments: