Thursday 4 February 2016

PELUANG USAHA BAGI KORBAN PHK

Pemutusan Hubungan Kerja atau PHK hampir selalu menghantui para pekerja di mana pun, termasuk di Indonesia. Kita sudah sering mendengar atau membaca berita itu. Misalnya beberapa pabrik besar yang memiliki ribuan karyawan terpaksa harus ditutup karena merugi atau karena sebab lainnya. Akibatnya ribuan karyawan terpaksa dirumahkan, diputus hubungan kerjanya. Sebagian pekerja atau buruh mendapatkan pesangon sehingga mereka masih dapat bernapas sejenak sambil mencari pekerjaan baru atau membuka lapangan usaha baru. Sementara itu, banyak pekerja lainnya tidak memiliki nasib baik, tidak mendapatkan pesangon, tidak mendapatkan hak-hak mereka dan diabaikan begitu saja...Apa saja yang dapat dilakukan oleh para korban PHK?

Bagi sebagian dari mereka, PHK mungkin bukan kiamat, bukan akhir segalanya. Mereka mungkin masih dapat memperoleh pekerjaan lain di tempat yang baru. Biasanya karyawan yang memiliki ketrampilan khusus dan langka memiliki kesempatan lebih dibandingkan dengan karyawan yang tidak memiliki spesifikasi ketrampilan. Sebagian korban PHK mungkin membuka usaha sendiri di rumah atau bekerja sama dengan orang lain memulai usaha baru. Selalu tersedia peluang usaha bagi korban PHK.Ide-ide baru biasanya muncul saat orang "terpaksa" oleh keadaan. Maka ada sejumlah korban PHK yang menjadi sukses setelah mereka mengalami dahsyatnya kekuatan "kepepet" (the power of kepepet).

Saya sendiri bukan korban PHK dan tidak pernah mengalami PHK. Saya memiliki usaha sendiri yang saya rintis dari awal sendiri. Namun saya juga merindukan untuk membantu mereka yang menjadi korban PHK. Sering kali saya berpikir: bagaimana membantu mereka ya? Maka kerap timbul pikiran untuk mengajak mereka membuka peluang usaha bagi korban PHK. Yang saya ingin bagikan adalah peluang usaha yang modalnya kecil, hanya memerlukan tekad kuat untuk berhasil, kemauan untuk belajar dan mengikuti sistem yang sudah ada. Adakah itu? Saya yakin pasti ada...

Nah, mungkin ada yang ingin bergabung dengan saya untuk menemukan peluang usaha bagi korban PHK di Bogor dan sekitarnya? Silakan menuliskan komentar Anda di bawah ini, atau menghubungi saya melalu email di alamat independent.ec@gmail.com.

No comments: