Monday 8 February 2016

Menjadi Sukses Melalui Bisnis Multi Level Marketing (MLM)


Bisnis Multi Level Marketing atau MLM adalah sebuah metode penjualan berjenjang. Konsekuensi dari sistem penjualan berjenjang adalah bahwa harga produk menjadi sedikit lebih mahal. Namun demikian, pada setiap produk yang Anda beli atau jual sebenarnya sudah diperhitungkan keuntungan bagi penjualnya, hingga orang yang memberikan referensi. 

Bahkan keuntungan bukan hanya dari yang memberikan referensi kepada Anda, tapi orang yang memberikan referensi kepada rekan Anda yang mengenalkan produk kepada Anda, boleh dikatakan bila Anda anak, maka yang mengenalkan kepada Anda adalah ayah, maka yang mengenalkan produk kepada rekan Anda (si ayah) adalah kakek.

Ketika Anda (anak) menjual produk, maka baik ‘ayah’ dan ‘kakek’ juga mendapatkan keuntungan. Dan tentunya ketika orang lain Anda tawarkan untuk menjual di situlah Anda menjadi ‘ayah’. 


Dalam multi level marketing dikenal adanya jaringan atau level kedalaman. Semakin besar dan dalam jaringan yang dibuat, semakin besar pula potensi untuk melakukan penjualan dan untuk memperoleh keuntungan dari hasil penjualan itu.

Dengan metode MLM, sebenarnya perusahaan bukannya memboroskan uang dengan membagi-bagi keuntungan kepada para penjualnya, melainkan bisa menghemat biaya distribusi dan pemasaran (biaya iklan) karena biaya tersebut adalah biaya yang mahal dalam sebuah industri perdagangan.

Bila Anda ingin menekuni Bisnis
Multi Level Marketing atau MLM, tiga hal berikut perlu Anda perhitungkan:

1. Apakah perusahaan memiliki SIUPL atau Surat Ijin Usaha Penjualan Langsung? Tanpa SIUPL, bisnis ini tidak layak untuk Anda tekuni.


2. Apakah ada produknya? Identitas produk harus jelas: namanya, bahannya, kegunaannya, di mana dibuat, siapa yang membuatnya, tingkat keamanannya, sertifikat halalnya, dan sebagainya.

3. Berhitung dari mana keuntungan perusahaan. Apakah keuntungan yang dijanjikan masuk akal atau logis? Apakah sudah ada bukti kuat tentang orang -orang yang sukses di bidang ini? Apakah perusahaan diakui oleh negara sebagai perusahaan yang sehat? Jika semua memenuhi persyaratan, Anda tidak perlu ragu lagi.

Memang, Bisnis Multi Level Marketing atau MLM dalam kenyataannya tidak untuk semua orang; artinya, tidak semua orang mau menjalankan usaha ini. Hanya orang-orang yang berkemauan keras, suka bekerja cerdas dan pantang menyerah yang dapat berhasil di usaha ini. Nah, mungkin Anda salah satunya.



Tulisan lebih lengkap mengenai Bisnis MLM dapat Anda baca dalam tulisan Ryan Filbert di http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2015/07/03/130000726/Mengenal.Bisnis.MLM

No comments: