Monday 1 December 2014

SUSI PUDJIASTUTI (MENTERI KELAUTAN DAN PERIKANAN (RI)

Susi Pudjiastuti lahir lahir di Pangandaran, 15 Januari 1965. Ia adalah Menteri Kelautan dan Perikanan pada Kabinet Kerja 2014-2019. Sebelumnya ia adalah seorang pengusaha pemilik dan Presdir PT ASI Pudjiastuti Marine Product, eksportir hasil-hasil perikanan dan PT ASI Pudjiastuti Aviation atau penerbangan Susi Air dari Jawa Barat . Hingga awal tahun 2012, Susi Air mengoperasikan 50 pesawat dengan berbagai tipe seperti 32 Cessna Grand Caravan, 9 Pilatus PC-6 Porter dan 3 Piaggio P180 Avanti. Susi Air mempekerjakan 180 pilot, dengan 175 di antaranya merupakan pilot asing. Tahun 2012 Susi Air menerima pendapatan Rp300 miliar dan melayani 200 penerbangan perintis.

Susi Pudjiastuti ditunjuk sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan dalam Kabinet Kerja Joko Widodo dan Jusuf Kalla, yang ditetapkan secara resmi pada 26 Oktober 2014. Sebelum dilantik, Susi melepas semua posisinya di perusahaan penerbangan Susi Air dan beberapa posisi lainnya, termasuk Presiden Direktur PT. ASI menghindari konflik kepentingan antara dirinya sebagai menteri dan sebagai pemimpin bisnis. Selain itu, alasan lain Susi melepas semua jabatannya adalah agar dapat bekerja maksimal menjalankan pemerintahan, khususnya di bidang kelautan dan perikanan.

Saat pelantikan, Susi menuai kontroversi karena kedapatan menghisap sebatang rokok dan memiliki tato, sesuatu yang tidak lazim dimiliki oleh menteri Indonesia. Atas tindakannya ini, Susi mendapatkan baik pujian dan kritikan di media sosial.

Belum lama menjadi menteri, Susi membuat banyak gebrakan di bidang kelautan dan perikanan. Ia memerintahkan moratorium perizinan kapal-kapal besar yang selama ini digunakan pihak asing untuk mencuri ikan di Indonesia. Ia mengkampanyekan konsumsi ikan dalam negeri. Susi mengubah jam kerja kementriannya dari mulai pk 8.00 ke pk 7.00. Ia mencoba menggerakkan seluruh potensi pegawai kementriannya untuk mencapai tujuan kemerdekaan dunia kelautan dan perikanan Indonesia dan pemanfaatan sumber daya kelautan dan perikanan untuk kepentingan bangsa. Ia tidak segan-segan memerintahkan penenggelaman kapal-kapal illegal yang mencuri ikan di perairan Indonesia. Ia tidak malu-malu terjun langsung di tengah nelayan dan masyarakat yang disapanya.


Tindak-tanduk menteri yang suka ceplas-ceplos dan jujur apa adanya ini menarik perhatian banyak masyarakat, nelayan, petani, cendekiawan, pelajar dan bahkan para pengusaha. Segala sesuatu yang Susi lakukan telah member dan menjadi inspirasi bagi banyak orang di Indonesia. Begitu pula dengan tingkat pendidikannya yang hanya lulus SMP namun ia berhasil dalam membangun bisnis sungguh membuat bangsa Indonesia bangga akan sepak terjangnya. Semoga Susi Pudjiastuti dapat terus berkontribusi bagi bangsa dan Negara ini.

Sumber: wikipedia & profile(dot)metrotvnews(dot)com

No comments: