Friday 19 March 2010

BISNIS YANG PALING BAIK

Sering muncul pertanyaan di kalangan calon pengusaha atau orang yang tertarik untuk memulai sebuah usaha: Bisnis apa yang paling baik?

Saya terkejut ketika Pak Purdi E Chandra pernah mengatakan bahwa bisnis yang paling baik adalah bisnis yang dibuka... atau bisnis yang dimulai... atau bisnis yang dilakukan... Artinya, bisnis terbaik adalah bisnis yang dijalankan dan bukan bisnis yang diangankan-angankan atau diimpikan...

Kita tidak pernah tahu apa sebenarnya bisnis yang paling cocok atau paling baik buat kita. Kita akan tahu setelah kita menjalaninya.

Tetapi memang, biasanya bisnis yang dapat kita mulai adalah bisnis yang kita kenal atau senangi sebelumnya. Hobby, minat dan kesenangan dapat mengantar kita kepada bisnis yang akan kita jalani. Ini masuk akal mengingat kita akan terbiasa dengan urusan-urusan yang berkaitan belakangan. Kalau hobi kita memasak, kita bisa memulai bisnis kuliner. Kalau minat kita ada di bidang otomotif, barangkali kita bisa memulai dengan membuka bengkel atau outlet penjualan onderdil.

Pengalaman juga menunjukkan bahwa ada banyak pengusaha sukses yang menjalankan bisnis yang sebenarnya tidak mereka pahami detilnya. Misalnya ada orang yang tidak tahu apa-apa tentang cara memasak tetapi ia bisa punya restoran... Dalam kasus ini, biasanya pengusaha itu mampu mendapatkan orang yang dapat memasak atau mengelola restoran.

Tetapi intinya, kita tidak akan pernah tahu bisnis apa yang paling baik buat kita sampai kita sendiri menjalankannya. Jadi, buka bisnisnya dulu, lalu lakukan evaluasi apakah ia akan berhasil atau tidak.

No comments: